Selasa, 08 Oktober 2013

Kondisi Belajar Robert Gagne

Gagne (1985) mengatakan bahwa keterampilan,apresiasi,dan penalaran manusia dengan semua variasinya dan juga harapan,aspirasi,sikap dan nilai-nilai manusia umumnya diakui perkembangannya sebagian besar tergantung pada peristiwa yang disebut dengan Belajar.

Sudah banyak para psikolog awal seperti Pavlov dan Skinner memulai risetnya di laboratorium dan mengaplikasikan temuannya untuk belajar manusia. usaha mereka juga sangat berhasil telah mengidentifikasikan faktor-faktor penting yang sangat mempengaruhi belajar,misalnya dengan adanya stimulus yang dipasangkan dengan emosi,persepsi,stimulus deskriminatif,penguat maupun pembentukan.

Adapun tiga prinsip dari pembelajaran yang efektif disebutkan oleh Gagne dalam analisa tugas latihan adalah
  1.  Memberikan pembelajaran mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final.
  2.  Memastikan bahwa setiap tugas komponen dikuasai.
  3. Sekuensi tugas komponen untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final.                                                                                                                                                                                          Prinsip Belajar
Masalah dalam teori-teori lama yang membahas belajar adalah mereka tidak menangkap perbedaan dan kompleksitas aktivitas yang membedakan manusia dengan spesies lainnya, Gagne (1977). Gagne (1972) berpendapat bahwa kunci untuk mengembangkan teori yang komprehensif adalah memulai dengan analisis berbagai macam kinerja dan keterampilan yang dilakukan oleh manusia.

Asumsi Dasar dari teori Gagne mendeskripsikan sifat unik dari kegiatan belajar manusia dan definisinya tentang belajar (Tabel 5.1)

Kunci untuk pengembangan teori belajar yang komprehensif adalah menjelaskan sifat yang kompleks dari belajar manusia.
  1. Berbeda dengan model pertumbuhan  kesiapan dimana pendewasaan mengatur proses belajar. Gagne berpendapat bahwa proses belajar adalah faktor kasual penting dalam perkembangan.
  2. Belajar manusia bersifat kumulatif. Belajar keterampilan tertentu akan memberikan kontribusipada belajar keterampilan yang lebih kompleks.
  3. Belajar manusia ialah kompleks dan beragam. Prosesnya tidak dapat direduksi menjadi asosiasi S-R atau pengalaman wawasan yang dideskripsikan oleh teori Gestalt.
Studi belajar tidak boleh fokus pada pengembangan prinsip yang berlaku hanya pada satu objek saja. Deskripsi yang memadai dari belajar manusia harus berlaku untuk berbagai macam aktivitas manusia di beragam latar dan situasi dimana belajar itu terjadi.

Pendekatan Gagne untuk pemahaman belajar pada manusia berbeda dengan pendekatan sebelumnya,terutama dua hal yang pertama keharusan langkah awal untuk menganalisa keragaman belajar manusia dan yang kedua adalah belajar dan pembelajaran harus dikembangkan secara beriringan. Kerangka belajar yang dideskripsikan Gagne terdiri dari :
  1. Lima ragam belajar
  2. Kondisi belajar internal dan
  3. Kondisi belajar eksternal
Inti dari kegiatan pembelajaran adalah menyajikan ciri-ciri stimulus,memberikan pedoman belajar,memunculkan kinerja,dan memberikan tanggapan atau umpan balik.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar