Selasa, 12 November 2013

Teori Perkembangan Psikologi Kultural-Historis



Semua fungsi psikologis yang lebih tinggi atau proses kognitif memiliki karakteristik psikologis umum yang membedakannya dari semua proses mental lainnya. Mereka itu merupakan proses penguasaan reaksi kita sendiri melalui berbagai cara.
Pertama Vygotsky berpendapat bahwa psikologi harus mempelajari manusia bukan hewan. Kedua,perspektif spinozan bahwa manusia adalah rasional dan secara bertahap menguasai fikirannya sendiri. Ketiga,perubahan kognitif dapat dikarakteristikkan sebagai sintesis dialektis seperti yang dideskripsikan oleh G.W.F Hegel. Keempat,perangkat psikologis merupakan symbol cultural seseorang yang berfungsi sebagai instrument pemikiran yang penting bagi perkembangan proses kognitif yang lebih tinggi.
Asumsi Dasar Teori Kultural-Historis Vygotsky
Ø  Riset pada perilaku hewan tidak dapat menjelaskan perilaku manusia
Ø  Manusia adalah makhluk rasional yang mendapatkan control atas perilaku mereka melalui perkembangan kapabilitas intelektual yang kompleks
Ø  Perkembangan kognitif manusia adalah proses dialektikal kompleks yang mencakup transformasi kualitatif dari beberapa proses ke proses lain dan interaksi kompleks dari faktor-faktor internal dan eksternal
Ø  Melalui perkembangan dan penggunaan alat-alat manusia mengubah baik itu alam maupun dirinya sendiri
Ø  Perangkat psikologis yang mempengaruhi perkembangan kofnitif adalah tanda dan symbol kultur yang digunakan untuk berfikir
Ø  Proses kognitif harus dipelajari dengan cara yang dapat mengungkapkan hakikat dinamika dan perubahannya.
Menurut Vygotsky usaha terdahulu untuk menjelaskan hubungan wicara dengan oemikiran belumlah memadai. Tahap perkembangan dari wicara adalah pra intelektual ini termasuk dari tangisan bayi kemudian lanjut berceloteh dan mengeluarkan berbagai suara untuk membuat kontak dengan orang lain. Tahap kedua wicara otonom yang terjadi sejak masa kelahiranan anak dan terdiri dari kata-kata yang diucapkan bayi. Tetapi mereka berfungsi hanya dalam situasi konkret dengan anggota keluarga dan orang-orang yang dekat dengan anak.
Tahap psikologi naïf melibatkan penggunaan kata-kata dewasa sederhana. Meskipun anak memahami fungsi kata sebagai penamaan dia tidak memahami fungsi simboliknya sebagai kategori.
Dua cabang perkembangan kognitif
Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan fungsi mental yang lebih tinggi mencakup dua proses yang pada awalnya tidak saling berkaitan. Alih-alih perkembangan kognitif yang lebih tinggi terdiri dari :
Hubungan tidak terpisah dua aliran perkembangan dari bentuk perilaku tinggi. Ini adalah pertama proses penguasaan cara-cara perkembangan cultural dan pemikiran eksternal bahasa,tulisan,menghitung,dan menggambar dan kedua proses perkembangan fungsi mental yang lebih tinggi.
Arti penting yang diberikan oleh Vygotsky pada symbol-simbol cultural diilustrasikan oleh penjelasannya tantang dua cabang perkembangan kognitif. Kedua cabang itu adalah penguasaan bahasa,tulisan perhitungan dan symbol-simbol lain dan dengan mengandalkan system symbol ini untuk menguasai tugas-tugas kognitif. Dengan mempengaruhi pikiran system symbol menjadi alat psikologis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar