Semua fungsi psikologis yang
lebih tinggi atau proses kognitif memiliki karakteristik psikologis umum yang
membedakannya dari semua proses mental lainnya. Mereka itu merupakan proses
penguasaan reaksi kita sendiri melalui berbagai cara.
Pertama Vygotsky berpendapat
bahwa psikologi harus mempelajari manusia bukan hewan. Kedua,perspektif
spinozan bahwa manusia adalah rasional dan secara bertahap menguasai fikirannya
sendiri. Ketiga,perubahan kognitif dapat dikarakteristikkan sebagai sintesis
dialektis seperti yang dideskripsikan oleh G.W.F Hegel. Keempat,perangkat
psikologis merupakan symbol cultural seseorang yang berfungsi sebagai
instrument pemikiran yang penting bagi perkembangan proses kognitif yang lebih tinggi.
Asumsi
Dasar Teori Kultural-Historis Vygotsky
Ø
Riset
pada perilaku hewan tidak dapat menjelaskan perilaku manusia
Ø
Manusia
adalah makhluk rasional yang mendapatkan control atas perilaku mereka melalui
perkembangan kapabilitas intelektual yang kompleks
Ø
Perkembangan
kognitif manusia adalah proses dialektikal kompleks yang mencakup transformasi
kualitatif dari beberapa proses ke proses lain dan interaksi kompleks dari
faktor-faktor internal dan eksternal
Ø
Melalui
perkembangan dan penggunaan alat-alat manusia mengubah baik itu alam maupun
dirinya sendiri
Ø
Perangkat
psikologis yang mempengaruhi perkembangan kofnitif adalah tanda dan symbol
kultur yang digunakan untuk berfikir
Ø
Proses
kognitif harus dipelajari dengan cara yang dapat mengungkapkan hakikat dinamika
dan perubahannya.
Menurut Vygotsky usaha terdahulu
untuk menjelaskan hubungan wicara dengan oemikiran belumlah memadai. Tahap
perkembangan dari wicara adalah pra intelektual ini termasuk dari tangisan bayi
kemudian lanjut berceloteh dan mengeluarkan berbagai suara untuk membuat kontak
dengan orang lain. Tahap kedua wicara otonom yang terjadi sejak masa
kelahiranan anak dan terdiri dari kata-kata yang diucapkan bayi. Tetapi mereka
berfungsi hanya dalam situasi konkret dengan anggota keluarga dan orang-orang
yang dekat dengan anak.
Tahap psikologi naïf melibatkan
penggunaan kata-kata dewasa sederhana. Meskipun anak memahami fungsi kata
sebagai penamaan dia tidak memahami fungsi simboliknya sebagai kategori.
Dua cabang perkembangan kognitif
Vygotsky berpendapat bahwa
perkembangan fungsi mental yang lebih tinggi mencakup dua proses yang pada
awalnya tidak saling berkaitan. Alih-alih perkembangan kognitif yang lebih
tinggi terdiri dari :
Hubungan tidak terpisah dua
aliran perkembangan dari bentuk perilaku tinggi. Ini adalah pertama proses
penguasaan cara-cara perkembangan cultural dan pemikiran eksternal
bahasa,tulisan,menghitung,dan menggambar dan kedua proses perkembangan fungsi
mental yang lebih tinggi.
Arti penting yang diberikan oleh
Vygotsky pada symbol-simbol cultural diilustrasikan oleh penjelasannya tantang
dua cabang perkembangan kognitif. Kedua cabang itu adalah penguasaan
bahasa,tulisan perhitungan dan symbol-simbol lain dan dengan mengandalkan
system symbol ini untuk menguasai tugas-tugas kognitif. Dengan mempengaruhi
pikiran system symbol menjadi alat psikologis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar